A. Analisis Kurikulum
Kurikulum
yang digunakan adalah kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Standar
kompetensi dan kompetensi dasar yang diacu.
a.
Standar Kompetensi
Menggolongkan
hewan, berdasarkan jenis makanannya
b.
Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi jenis makanan hewan
c.
Indikator
Membuat kerangka balok dan membuat
gambar hewan serta jenis makanannya
B. Analisis Konsep Materi
1. Ringkasan Materi
Penggolongan hewan
menurut jenis makanannya, makanan hewan-hewan ada yang berasal dari tumbuhan
dan ada yang berasal dari hewan. Makanan yang bersal dari tumbuhan, diantaranya
rumput, buah-buahan dan biji-bijian. Adapun makanan yang berasal dari hewan,
diantaranya daging. Berdasarkan jenis makanannya hewan-hewan dapat dikelompokan
kedalam beberapa golongan. Penggolongan tersebut antara lain, herbivora
(pemakan tumbuhan), karnivora (pemakan daging), dan omnivore
(pemakan tumbuhan dan daging).
a. Hewan
Herbivora
Hewan
yang memakan tumbuhan disebut herbivora. Herbivora adalah hewan yang memakan
tumbuhan tidak memakan daging. Tumbuhan tersebut dapat berupa daun, batang,
bini, juga umbi-umbian. Contoh hewan pemakan rumput dan dedaunan misalnya kuda,
sapi, kambing, panda, dll. Contoh hewan pemakan biji adalah burung pipit,
merpati, burung gereja. Lalu pemakan buah-buahan adalah burung beo, dan jalak.
Burung memiliki bentuk paruh yang sesuai dengan jenis makanannya. Contoh hewan
yang pemakan umbi-imbian adalah kelinci.
Hewan-hewan
yang termasuk herbivore umumnya memiliki gigi seri dan gigi geraham. Gigi seri
berguna untuk memotong-motong makanan sebelum dikunyah. Gigi geraham dengan
permukaan yang luas digunakan untuk mengunyah makanan hingga lumat.
b. Hewan
Karnivora
Hewan
yang memakan hewan lain disebut karnivora. Karnivora adalah hewan yang
makanannya kebanyakan berupa daging,
baik yang dimakan hidup-hidup atau berasal dari daging hewan yang sudah mati.
Kata karnivora berasal dari bahasa latin came yang berarti daging dan vorare
yang berarti “memakan”. Hewan yang termasuk karnivora adalah kucing, anjing,
harimau, macan buaya, dll. Jenis burung yang termasuk karnivora yaitu burung
elang dan burung hantu yang mempunyai cakar juga kuku yang tajam dan kuat.
Ciri
hewan yang termasuk karnivora mempunyi indera penglihatan, penciuman, dan
pendengaran yang baik. Hewan karnivora dapat memiliki racun (bisa) dan gigi
taring yang kuat seperti ular. Hewan karnivora memiliki gigi taring dan gigi
geraham yang tajam. Gigi gerahmnya yang tajam berguna untuk mengunyah daging
dan tulang.
c. Hewan
Omnivora
Hewan
omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan daging atau hewan yang memakan
segalanya. Hewan omnivora tidak memiliki ciri khusus yang menunjang untuk jenis
makanannya. Contoh hewan omnivora adalah tikus, babi, bebek, ikan, ayam, dll.
Hewan-hewan omnivora dapat memakan tumbuhan dan hewan, karena
hewan omnivora memiliki organ pencernaan yang dapat digunakan untuk memakan
makanan yang bersumber dari tumbuhan dan hewan.
2.
Strategi Pelajaran yang sesuai
dengan materi
Strategi pelajaran yang sesuai dengan materi
penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya adalah:
a.
Ceramah
Guru
menjelaskan tentang hewan dan jenis-jenis makanannya, sehingga siswa dapat
memahami dengan benar bagaimanan cara mengelompokan hewan berdasarkan jenis
makanannya. Guru dibantu menjelaksan menggunakan media gambar dan video hewan
serta jenis makanannya.
b.
Demontrasi
Guru
memberikan contoh cara mengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya,
sehingga siswa dapat membedakan antara hewan pemakan tumbuhan, hewan pemakan
daging, dan hewan pemakan tumbuhan.
c. Tugas
Guru
mengajak siswa untuk stady tour ke kebun binatang kemudian guru memberikan
tugas kepada siswa untuk menuliskan binatang-binatang yang ada di kebun
binatang lalu dikelompokan berdasarkan jenis makanannya.
3. Desain Media Sederhana
Media ini digunakan untuk menjelaskan kepada siswa
tentang makanan hewan yang di kenal di lingkungannya dan dapat menggolongkan
hewan di lingkungan sekitarnya berdasarkan jenis makananya.
Media yang sesuai dengan materi penggolongan
hewan berdasarkan jenis makanannya adalah jenis media yang sederhana yaitu
jenis media yang berbentuk nyata yang bisa langsung dilihat sekaligus digunakan
oleh siswa. Jenis media ini juga sesuai dengan strategi pembelajaran pada
materi ini. Nama dari jenis media ini adalah media “balok hewan” yang berati
sebuah triplek berbentuk balok yang berisi gambar hewan hewan berdasarkan jenis
makanannya. Dengan begitu, siswa bisa mudah memahami materi yang diberikan dan
media tersebut juga menarik sehingga bisa membuat siswa memiliki semangat yang
cukup besar dalam belajar pada materi ini. Gurupun bisa memberikan tugas
kelompok untuk membuat media sederhana ini karena media ini cukup mudah dan cukup
melatih keterampilan siswa.
a.
Alat dan Bahan Pembuatan Media
Alat:
·
Gunting
·
Penggaris
·
Paku
·
Triplek
· kayu
Bahan:
·
Kertas bergambar hewan
Cara Pembuatan:
1.
Pertama kita membuat menyatukan triplek
sehingga membentuk kotak
2.
Pada satu triplek kita buat lubang
berbentuk persegi 3 buah
3.
Lalu satukan kembali kepada kotak
tersebut
4. Kita ambil triplek lagi potong menjadi
3 untuk membentuk sebuah persegi namun tidak persegi sempurna karena ada satu
bagian yang akan kita satukan dengan viber transparan agar terlihat balok yang
akan kita buat nanti
5. Buatlah persegi itu menjadi 3 buah
6. Dan terakhir buatlah balok kecil atau
berdiameter lebih kecil dari persegi yang tadi kita buat agar balok tersebut
dapar masuk ke dalam persegi itu.
7.
Tempelkan balok itu dengan kertas
begambar hewan.
b.
Sketsa
Media
cara pemakaian media yaitu masukan penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya kedalam kotak yang sesuai dengan nama penggolongannya.
Artikel anda menarik sekali luarbiasa😍
BalasHapus